Mahasiswa dapat melakukan pindah kuliah antara Fakultas/Jurusan/Program Studi dan alih jenjang (D3 ke S1 atau sebaliknya) di lingkungan Universitas Tarumanagara pada setiap semester. 

Pindah kuliah di lingkungan Universitas Tarumanagara, disebut pindah kuliah internal, dapat terjadi karena keinginan mahasiswa atau kebijakan Universitas. Kebijakan Universitas yang dimaksud adalah kebijakan yang bersifat anjuran yang dikeluarkan oleh Dekan atau Ketua Jurusan/Program Studi berdasarkan pertimbangan kemampuan akademik mahasiswa. 

Pindah kuliah internal dapat terjadi antar program studi, atau antar jurusan di dalam satu fakultas atau antar fakultas, dan dapat terjadi :

  • Antar jenjang pendidikan yang setara, yakni antar jenjang Diploma, antar jenjang strata 1, antar jenjang strata 2, dan antar jenjang strata 3
  • Alih jenjang pendidikan, yakni pindah studi dari program Diploma ke Strata 1 internal universitas atau sebaliknya


Persyaratan Pindah Kuliah :

  • Telah mengikuti perkuliahan sekurang-kurangnya 1 (satu) semester
  • Memiliki IPK minimal 2,00 ( atau sesuai kebijakan program studi yang dituju)
  • Memenuhi persyaratan akademik (mempunyai tabungan sks minimal) yang ditentukan oleh masing-masing Fakultas/Program Studi
  • Memenuhi ketentuan administrasi keuangan yang ditetapkan



Pengajuan Pindah Kuliah :

  • Surat permohonan diajukan ke Wakil Rektor Bidang Akademik dengan dilengkapi :
  • Transkrip nilai
  • Alamat pos



Jadwal pengajuan permohonan : 

  • Untuk semester ganjil permohonan diterima paling lambat akhir bulan Juni pada setiap tahun kalender berjalan
  • Untuk semester genap permohonan diterima paling lambat akhir bulan Desember pada setiap tahun kalender berjalan
  • Pengajuan permohonan yang diterima lewat bulan yang disebutkan di atas akan diproses untuk semester berikutnya



Persetujuan / Penolakan Pindah Kuliah

  • Jawaban persetujuan / penolakan dikirimkan per pos langsung ke pemohon paling lambat :
  • Untuk penerimaan semester ganjil pada akhir bulan Juli pada setiap tahun kalender berjalan
  • Untuk penerimaan semester genap pada akhir bulan Januari pada setiap tahun kalender berjalan
  • Persetujuan pindah kuliah akan disertakan :
  • Penyetaraan beban studi oleh program studi yang dituju
  • Beban studi yang masih harus diambil
  • Masa studi yang diijinkan

Persyaratan Pindah Kuliah :

  • Telah mengikuti perkuliahan sekurang-kurangnya 1 (satu) semester
  • Memiliki IPK minimal 2,00 ( atau sesuai kebijakan program studi yang dituju)
  • Memenuhi persyaratan akademik (mempunyai tabungan sks minimal) yang ditentukan oleh masing-masing Fakultas/Program Studi
  • Memenuhi ketentuan administrasi keuangan yang ditetapkan



Pengajuan Pindah Kuliah :

  • Surat permohonan diajukan ke Wakil Rektor Bidang Akademik dengan dilengkapi :
  • Transkrip nilai
  • Alamat pos



Jadwal pengajuan permohonan : 

  • Untuk semester ganjil permohonan diterima paling lambat akhir bulan Juni pada setiap tahun kalender berjalan
  • Untuk semester genap permohonan diterima paling lambat akhir bulan Desember pada setiap tahun kalender berjalan
  • Pengajuan permohonan yang diterima lewat bulan yang disebutkan di atas akan diproses untuk semester berikutnya



Persetujuan / Penolakan Pindah Kuliah

  • Jawaban persetujuan / penolakan dikirimkan per pos langsung ke pemohon paling lambat :
  • Untuk penerimaan semester ganjil pada akhir bulan Juli pada setiap tahun kalender berjalan
  • Untuk penerimaan semester genap pada akhir bulan Januari pada setiap tahun kalender berjalan
  • Persetujuan pindah kuliah akan disertakan :
  • Penyetaraan beban studi oleh program studi yang dituju
  • Beban studi yang masih harus diambil
  • Masa studi yang diijinkan

Persyaratan Pindah Kuliah :

  • Telah mengikuti perkuliahan sekurang-kurangnya 1 (satu) semester
  • Memiliki IPK minimal 2,00 ( atau sesuai kebijakan program studi yang dituju)
  • Memenuhi persyaratan akademik (mempunyai tabungan sks minimal) yang ditentukan oleh masing-masing Fakultas/Program Studi
  • Memenuhi ketentuan administrasi keuangan yang ditetapkan



Pengajuan Pindah Kuliah :

  • Surat permohonan diajukan ke Wakil Rektor Bidang Akademik dengan dilengkapi :
  • Transkrip nilai
  • Alamat pos



Jadwal pengajuan permohonan : 

  • Untuk semester ganjil permohonan diterima paling lambat akhir bulan Juni pada setiap tahun kalender berjalan
  • Untuk semester genap permohonan diterima paling lambat akhir bulan Desember pada setiap tahun kalender berjalan
  • Pengajuan permohonan yang diterima lewat bulan yang disebutkan di atas akan diproses untuk semester berikutnya



Persetujuan / Penolakan Pindah Kuliah

  • Jawaban persetujuan / penolakan dikirimkan per pos langsung ke pemohon paling lambat :
  • Untuk penerimaan semester ganjil pada akhir bulan Juli pada setiap tahun kalender berjalan
  • Untuk penerimaan semester genap pada akhir bulan Januari pada setiap tahun kalender berjalan
  • Persetujuan pindah kuliah akan disertakan :
  • Penyetaraan beban studi oleh program studi yang dituju
  • Beban studi yang masih harus diambil
  • Masa studi yang diijinkan